Forum Anak Lebak Sampaikan Aspirasi Suara Anak Indonesia pada Gebyar KLASIK Tahap 2
bro admin | 27 Juli 2024 | Dibaca 76 kali

Lebak, 25/7/2024. Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak menyelenggarakan Gebyar Kolaborasi Lebak Atasi Stunting, Inflasi dan Kemiskinan Ekstrem (Gebyar KLASIK) Tahap Ke 2 Tahun 2024, Kegiatan ini diselenggarakan secara serentak di 6 Kecamatan, yaitu Kecamatan Warunggunung, Kalanganyar, Cileles, Curugbitung, Cikulur dan Sajira.

 

Dalam Kesempatan itu Forum Anak Lebak dibawah naungan DP3AP2KB Kabupaten Lebak dan KEMENPPPA. menyampaikan aspirasi Suara Anak Indonesia perwakilan Kabupaten Lebak. Aspirasi ini dikumpulkan melalu google form yang dikoordinir langsung oleh Forum anak Lebak. 

 

Ihaj, ketua Forum Anak Lebak mengatakan ada 16 Aspirasi yang berhubungan dengan hak dan kesejahteraan anak. Menurutnya kesempatan seperti ini adalah momentum yang sangat baik untuk bersuara, selain dihadiri langsung oleh para pimpinan daerah, juga disaksikan langsung oleh orang tua dan anak. 

 

"kami telah mengumpulkan aspirasi anak-anak di Kabupaten Lebak melalui googel form 1 bulan sebelum acara ini. ternyata banyak sekali harapan anak-anak di Kabupaten Lebak yang harus kita sampaikan. sebenarnya lebih dari 16. namun, kami memilih berdasarkan suara yang lebih sering muncul" Kata Ihaj. 

 

Adapun 16 point suara Anak Indonesia yang disampaikan oleh Forum Anak Lebak sebagai berikut :

 1. Memohon kepada pemerintah untuk melakukan pemerataan KIA di kalangan anak-anak yang ada di Kabupaten Lebak

 2. Memohon kepada pemerintah untuk mengadakan sosialisasi kepada Orang tua mengenai pemahaman KIA

 3. Memohon kepada pemerintah untuk melakukan sosialisasi secara merata terkait pernikahan anak ke desa-desa, beserta SMP dan SMA yang ada di Kabupaten Lebak

 4. Memohon kepada pemerintah untuk melakukan sosialisasi kepada Orang tua mengenai pola asuh terbaik pada anak sesuai dengan perkembangan zaman di desa-desa yang ada di Kabupaten Lebak

 5. Meminta kepada pemerintah untuk melakukan pembangunan panti asuhan anak yang dikelola langsung olen pemerintah Kabupaten Lebak, guna meminimalisir tingkat ketelantaran pada anak yang ada di Kabupaten Lebak

 6. Memohon kepada pemerintah untuk meningkatkan pengawasan penjualan rokok terhadap anak

 7. Memohon kepada pemerintah dalam peningkatan ruang publik yang bebas dari asap rakok

 8. Memohon kepada pemerintah agar lebih memperhatikan program stunting, guna mengurangi tingkat angka stunting di Kabupaten Lebak

 9. Memohon kepada pemerintah untuk melakukan pembangunan, perbaikan, serta peningkatan terhadap fasilitas olahraga di Kabupaten Lebak agar lebih ramah anak. 

 10. Memohon kepada pemerintah untuk melakukan pemerataan sarana dan prasarana pendidikan di setiap desa yang ada di Kabupaten Lebak

 11. Memohon kepada pemerintah untuk melakukan pembangunan sarana bermain khusus anak di setiap desa yang ada di Kabupaten Lebak.

 12. Memohon kepada pemerintah untuk mengadakan beasiswa bagi anak-anak berprestasi yang putus sekolah akibat biaya

 13. Memohon kepada pemerintah untuk melakukan perubahan jam operasional Perpustakaan Saidja Adinda agar dapat dikunjungi oleh anak-anak sekolah.

 14. Memohon kepada pemerintah untuk melakukan pembangunan perpustakaan ramah anak di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Lebak, guna menunjang SDM.

 15. Memohon kepada pemerintah agar meningkatkan fasilitas untuk anak penyandang disabilitas dalam segala aspek kehidupan.

 16. Memohon kepada pemerintah untuk membentuk komunitas anti perundungan guna memberantas perundungan yang ada di setiap sekolah

 

Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak DP3AP2KB Kabuaten Lebak. Ibu Lela menyatakan, aspirasi-aspirasi tersebut murni suara Anak yang harus diperhatikan oleh pemerintah. 

 

"semua itu murni dari anak, anak yang mengumpulkan, anak yang menyampaikan. kita hanya memberikan ruang kepada mereka untuk menyampaikan hak nya" tegas Bu Kabid.

 

Dirinya juga memaparkan Forum Anak Lebak selain memiliki ide dan gagasan yang kreatif, mereka juga aktif dalam berbagai kegiatan positif. Dalam hal ini pemerintah Kabupaten Lebak berusaha memenuhi Hak mereka. Selain di kegiatan Gebyar KLASIK24. Forum anak juga diberikan ruang menyampaikan pada Acara Musrenbang Penyusunan RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025 di Aula Multatuli. 

 

Terakhir, dirinya berharap dengan adanya kolaborasi ini yang melibatkan anak. Pembangunan di Kabupaten Lebak bisa lebih memperhatikan Hak Anak sehingga Kabupaten Layak Anak bisa terwujud sesuai harapan. 

 Foral di KLASIK2024 Tahap2

Writer & Editor: Mardiana, 2024

BAGIKAN :