Pelatihan Bantuan Operasional Perlindungan Perempuan dan Anak TA. 2024
bro admin | 30 Agustus 2024 | Dibaca 23 kali

Lebak, DP3AP2KB Kab.Lebak telah menggelar 2 pelatihan dalam 2 hari yaitu Pelatihan Penerapan Kode Etik Perlindungan dari Kekerasan dan Eksploitasi Seksual dan Pelatihan Psychological First Aid dengan peserta dari tenaga pendidik dan lembaga pemerintah se-kabupaten Lebak yang dilaksanakan pada selasa dan rabu  (27--28/8/2024) di Hotel Maris Rangkasbitung.

Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas Unit Penyedia Layanan Penanganan Kasus Kekerasan terhadap Anak khususnya kasus yang terjadi dikalangan pelaku kekerasan anak profesional.

Narasumber yang hadir diantaranya merupakan jajaran Satgas PPKS Untirta Muhamamad Uut Lutfi, PSPI Provinsi Banten Guruh Hardiansyah, MHPSS Save The Children Fajar Suryawan dan Psikologi Klinis RSUD Berkah Pandeglang Adi Hariadi yang turut menyampaikan pengalamannya dalam menangani psikologis anak.

Sekolah dan rumah menjadi menjadi pilar yang penting untuk orangtua maupun tenaga pendidik andil dalam perkembangan psikologis anak dengan menciptakan lingkungan yang aman.

Guruh turut menegaskan bahwa dukungan psikologis awal itu penting baik untuk orang awam maupun tenaga profesional

"75% orang yang memiliki masalah hanya butuh makan dan tempat tinggal, karna tidak semua masalahnya solusinya adalah psikolog" tambahnya.

Harapannya output dari pelatihan ini dapat meningkatkan kepedulian kita untuk mengimplementasikan bagaimana CSG, PSEAH hingga tindakan psikologis awal dapat diterapkan. 

Pelatihan BOPPA TA. 2024

Writer & Editor: Nisrina, 2024

BAGIKAN :